my friends forever

INI ADALAH BLOG PGSD UNILA UPP KAMPUS.

Rabu, 30 Maret 2011


1. Syarat Kalimat
Kalimat sekurang-kurangnya memiliki subyek dan predikat

Jenis predikat:
  • Kata kerja
  • Bukan kata kerja (kata benda, kata sifat, kata bilangan, frase preposisi)
Contoh kalimat dengan kata kerja :
Tugas itu dikerjakan oleh peserta TOT Kurikulum KTSP
Bagaimanakah dengan kalimat di bawah ini ?
Dalam kamar ini memerlukan empat buah kursi.

Struktur kalimat
  • Aktif
  • Pasif
Kesalahan struktur:
  • Saya sudah katakan bahwa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar itu tidak mudah. (aktif-pasif).
  • Dalam konferensi tingkat tinggi negara-negara nonblok tidak memutuskan tempat penyelenggaraan konferensi berikutnya. (subyek-keterangan).
  • Meskipun kita tidak menghadapi musuh, tetapi kita harus selalu waspada. (kalimat majemuk dan kalimat bersusun).
Alinea/ Paragraf
  • Gagasan utama
  • Kalimat topik
  • Koherensi
  • Kata-kata transisi
2. Menggunaan Ilustrasi dalam Modul
Ilustrasi dapat berupa: foto, gambar, grafik, tabel, kartun, dsb, yang memiliki fungsi :
  • Fungsi Ilustrasi
  • Fungsi deskriptif
  • Fungsi ekspresif
  • Fungsi Analitis
  • Fungsi kuantitatif

3. Pahami Diagram Pencapaian Kompetensi

4. Pahami Peta Kedudukan Modul

5. Tujuan Akhir
Perumusan tujuan akhir berisi pernyataan pencapaian kompetensi sesuai persyaratan dunia usaha/industri (entry level).
Rumusan tujuan tersebut harus memuat :
  •  Kinerja yang diharapkan
  • Kriteria keberhasilan
  • Kondisi atau variable yang diberikan
Contoh Tujuan Akhir Modul
Peserta diklat dapat menggambar rangkaian elektronika (kinerja) berdasarkan standar gambar teknik (kriteria) dan dapat mengimplementasikannya menjadi gambar layout pada PCB (kondisi).

6. Tujuan kegiatan pembelajaran
Memuat kemampuan yang harus dikuasai untuk mencapai satu indikator kompetensi pada KUK setelah mengikuti satu satuan kegiatan belajar berisikan komponen: kemampuan, kondisi, dan kriteria.

Contoh tujuan kegiatan belajar
peserta diklat dapat mengimplementasikan gambar rangkaian elektronika menjadi gambar layout pada PCB.

7. MenyusunTugas
Berisi instruksi untuk peserta diklat meliputi
  • Tugas-tugas yang harus diketahui dan dikerjakan sesuai kriteria unjuk kerja
  • Kegiatan observasi untuk mengenal fakta,
  • Menyusun learning evidence indicator (indikator bukti belajar),
  • Melakukan kajian materi pada kegiatan belajar,
  • Tutorial dengan guru.
8. Menyusun Tes Formatif
Berisi tes tertulis sebagai bahan pertimbangan bagi peserta dan guru untuk mengetahui sejauh mana penguasaan kegiatan belajar yang telah dicapai sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan berikut (lembar kerja).
HINDARI MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA !!!

Kaidah Penulisan Modul KTSP

KARAKTERISTIK MODUL

1. Self instructional 
Peserta diklat mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.

2. Self Contained 
Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh

3. Stand alone
Modul manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain

4. Adaptif
Modul hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi

5. User friendly 
Modul hendaknya juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya

6. Konsistensi
Dalam penggunaan :
  • FONT
  • SPASI
  • TATA LETAK (LAYOUT)

7. Format
  • Format kolom tunggal atau multi 
  • Format kertas vertikal atau horisontal
  • Icon yang mudah ditangkap

Organisasi
  • Tampilkan peta/bagan 
  • Urutan dan susunan yang sistematis
  • Tempatkan naskah, gambar dan ilustrasi yang menarik  
  • Antar bab, antar unit dan antar paragraph dengan susunan dan alur yang mudah dipahami 
  • Judul, sub judul (kegiatan belajar), dan uraian yang mudah diikuti

Daya Tarik
  • Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi
  • Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna.
  • Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian rupa.

Bentuk dan Ukuran Huruf
  • Bentuk dan ukuran huruf yang mudah dibaca
  • Perbandingan huruf yang proporsional 
  • Hindari penggunaan huruf kapital untuk seluruh teks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar